Indonesia

Indonesia is the beautiful country in the universe

Kamis, 22 Desember 2011

Renungan Hati_Hidup Penuh Dengan Ketidak Nyamanan


HIDUP PENUH DENGAN KETIDAK NYAMANAN.


Dalam menjalani hidup ini kita akan terus mengalami yang namanya ketidak nyaman. Ketidak nyamanan tersebut dapat berupa ketidak nyamanan dalam hal fisik maupun mental. Contoh dari ketidak nyamanan tersebut berupa rintangan – rintangan yang mendera bertubi – tubi dalam mewujudkan impian dan cita – cita. Rintangan – rintangan tersebut  membuat kita menjadi tidak nyaman baik secara fisik, karena kita telah membuang tenaga untuk mewujudkan cita – cita tersebut , ataupun yang berupa mental yang dapat berwujud pemikiran tentang menjauhnya atau semakin jauhnya harapan kita mewujudkan cita – cita tersebut. ketidak nyamanan – ketidak nyamanan tersebut akan semakin meningkat hingga membuat kita kadang ingin putus asa.
Hingga sekarang saya masih belum tahu bagaimana mengatasi hal tersebut. Tetapi satu yang perlu di ingat bahawa kita tidak dapat lari dari ketidak nyamanan tersebut , karena kita hidup di dalamnya. Kehidupan dan ketidak nyamanan mungkin dapat di ibaratkan dengan air dan ikan. Ikan hidup didalam air. Dan manusia hidup di dalam dunia yang penuh dengan ketidak nyamanan. Memang setiap orang ingin hidup dengan nyaman, seperti makan enak , bekerja dengan nyaman dan enak, istirahat dengan enak, enek dilihat oleh orang lain. Dan memang sudah kodrat manusia ingin hidup dengan enak dan nyaman. Dan setiap manusia ingin mewujudkan kehidupan yang nyaman tersebut .
Tetapi saat mewujudkan impian tersebut sekali lagi yang didapatkan hanyalah ketidak nyamanan – ketidak nyamanan yang datang bertubi tubi. Dan karena kodrat manusia maka manusia akan memilih dan munuju ke kondisi yang lebih nyaman, baik dengan cara yang bijak atau benar atau dengan cara yang tidak benar. Banyak orang yang berlari menghindari ketidak nyamanan tersebut, tetapi seperti ikan yang keluar dari air , maka kenyamanan yang didapat dari pelarian dalam ketidak nyamanan hanyalah kenyamanan semu yang sangat – sangat singkat dan hal tersebut harus dibayar dengan ketidak nyamanan yang lebih besarlagi.
Lalu kalau kita tidak dapat lari dari ketidak nyamanan maka kenapa kita tidak berusaha hidup didalam ketidak nyamanan tersebut. mungkin dengan memahami dan mau merasakan ketidak nyamanan tersebut maka kita akan tahu apa itu yang namanya kenyamanan dan rasa enak. Seperti saat berpuasa, berpusa memang tidak nyaman karena harus bersusah payah menahan lapar dan haus saat kita ingin makan dan minum dan itu harus dijalankan dalam satu hari lebih dari dua belas jam dan itupun dilaksanakan selama satu bulan. Dan satu yang dapat di ambil pelajaran  bahwa dengan menahan rasa lapar dan haus yang membuat kita tidak nyaman maka kita akan mengetahui rasa nyaman kenyang dan hilangnya dahaga saat berbuka. Dan dalam kehidupan yang penuh dengan ketidak nyamanan ini , jika kita terus berjalan diatas ketidak nyamanan , menghadapinya, dan bukan lari mencari kenyamanan semu , maka kita akan tahu makna kenyaman hidup yang sejati. Mungkin inilah pandangan subjektif  tentang kehidupan yang saya lalui di dunia ini, minimal sampai saat ini. mulai dari ketidaknyamanan berkutat pada kemiskinan, keterbatasan ekonomi , sulitnya merubah nasib hidup dan memutus garis kemiskinan pada kluarga saya dan sebagainya.
Memang dunia ini penuh ketidak nyamanan. Bekerja tidak nyaman karena capek d.l.l. belajar menjadi tidak nyaman karena malas dan lelah , atau bahkan sangat sulit memahami sesuatu. Bersantai dirumah menjadi tidak nyaman karena tidak sesuai dengan keinginan kita. memandang orang lain menjadi tidak nyaman karena tidak sesuai dengan gambaran pikiran kita. d.l.l.
Ya itulah kehidupan, mungkin pemikiran saya inipun akibat pikiran saya yang tidak begitu nyaman berpikir.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More