Indonesia

Indonesia is the beautiful country in the universe

Rabu, 14 Desember 2011

Ajaran Rahasia Orang Jawa_BAB I_Walisanga Dan Ilmu Orang Suci


Ajaran Rahasia Orang Jawa


PENGANTAR

Mistik menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah hal –hal gaib yang tidak terjangkau akal manusia , tetapi ada dan nyata. Para antropolog dan sosiolog mengartikan mistik sebagai sub sistem yang ada hampir pada semua sistem religi untuk memenuhi hasyrat manusia untuk bersatu dengan Tuhan. Mistik adalah keyakinan yang hidup dialam pikiran kolektif masyarakat. Alam pikiran kolektif akan tetap hidup abadi dalam pikiran masyarakat walaupun generasi telah berganti (kecuali masyarakat kolektif tersebut melupakannya). Seperti seorang tokoh sejarah yang akan tetap hidup dalam pikiran masyarakat walaupun tokoh sejarah tersebut sudah ratusan tahun meninggal. Demikian pula dengan dunia mistik orang Jawa. Keyakinan ini telah hidup bersama dengan lahirnya masyarakat jawa, diturunkan dari generasi hingga generasi hingga kini.
            Ajaran rahasia orang Jawa, disusun oleh R.P. Suyono. Buku ini unik karena merekam kepercayaan orang jawa mengenai sangkan paraning dumadi (asal muasal manusia dan hendak kemana manusia akan pergi setelah mati, dan apa yang harus diperbuat manusia selama hidupnya). Dari pembahasan asal muasal manusia inilah timbul berbagai fenomena yang khas Jawa yang disebut klenik dan berbagai ilmu kesaktian yang sampai saat ini masih diyakini dan dikalankan oleh  orang Jawa.
Ilmu Sangkan Paraning Dumadi ini diambil dari buku kitab Walisanga. Meskipun menurut riwayatnya buku ini di tulis oleh Walisanga, namun sangat bernuansa Hindu Jawa. Hal ini mungkin dikarenakan agama yang dianut mayoritas penduduk Jawa sebelum islam adalah Hindu.

BAB I
Walisanga dan Ilmu Orang Suci

            Ketika agama Hindu menjadi ajaran dominan di Jawa, orang Jawa telah memiliki pengetahuan yang tinggi, termasuk aspek spiritualnya. Bukti – bukit tentang tingginya praktik spiritual masyarakat Jawa dapat dilihat dari berbagai kitab, baik yang ditulis dalam bahasa Jawa Kuno maupun Sansekerta dan Palawa. Tulisan – tulisan tersebut oleh orang Jawa sangat dihormati dan digemari. Dari banyak tulisan Hindu Jawa, kitab Walisanga termasuk yang langka.
Walisanga adalah sebutan bagi penyebar agam Ilsam di Jawa yang pertama. Karena jumlah mereka ada Sembilan yang dalam bahasa Jawa Sembilan itu adalah Sanga, maka mereka disebut Walisangat. Menurut serat Kadilangu, sebelum menjadi wali, Walisanga adalah pemimpin sepiritual. Mereka adalah ulama yang mencapai ringkat tertinggi sehingga mengerti tentang segala ilmu gaib yang terdapat disetiap agama, termasuk ilmu gaib yang dibahas dalam agama Hindu.
Menurut serat Kadilangu juga, kitab Walisanga disusun oleh Sembilan Wali pada saat islam mulai masuk ke Nusa Jawa. Tujuannya adalah agar merka dapat meninggalkan pegangan untuk para ulama berikutnya dalam menyebarkan agama Islam di pulau jawa. Isi didalam kitab walisanga bukan ajaran agama Islam semata, namun juga ajaran spiritual agama Hindu. Kemungkinan besar Walisanga mengharapkan pemahaman cara berpikir Hindu – Jawa ini digunakan sebagai dasar penyebaran agama Islam. 
 
Pertemuan Rahasia
Serat Kadilangu menyebutkan bahwa proses penyusunan kitab ini dilakukan melalui sebuah pertemuan rahasia. Mereka bertemu di sebuah surau atau gubuk kecil diatas gunung yang terletak didekat jepara. Akan tetapi pertemuan ini tidak dilakukan secara fisik. Para Wali tetap berada dirumahnya masing – masing. Dengan mati suri, roh para wali tersebut meninggalkan jasadnya dan berkumpul dipuncak gunung tadi. Surau atau gubuk kecil tempat mereka bertemu tadi juga merupakan sebuah bangunan spiritual yang sejatinya bangunan tersebut tidak pernah ada, dan hanya dikususkan ada, saat mereka hendak bertemu.
Memang para Wali tersebut oleh orang Jawa digolongkan sebagai orang yang suci. Menurut pengertian orang Jawa pada saat itu, orang suci adalah orang “pinter”, dalam tataran tertinggi yang memungkinkan badaniah ataupun rohaniah dapat bertemu atau bercampur menjadi satu, masuk ke kehidupan alam dunia maupun alam roh. Untuk mencapai tingkat ini seseorang tidak hanya harus bertapa, menyendiri untuk mendekati alam baka, namun juga harus menjalani tindakan rahasia yang tidak boleh diketahui orang banyak (“tirakat/torikhot”). Untuk mencapai tingkatan ini seseorang harus mempelajai ilmu Yoga secara ketat dan seksama, seperti membiarkan tubuhnya hidup tanpa makan. Sementara itu rohnya dapat meninggalkan tubunya untuk sementara memasuki alam kematian. Roh yang dalam keadaan dimikian dapat melakukan penyelidikan dialam baka.
Orang – orang suci yang demikian dapat mengetahui lebih banyak tentang alam gaib. Badan orang suci yang dalam keadaan mati suri tidak membusuk tetapi tetap utuh. Orang yang mati suri bisa disadarkan dengan cara kepalanya dibasuh dengan air hangat, tentunya dengan diberi “syarat” terlebih dahulu. Bila tidak dibangunkan maka orang suci ini bisa mati suri selama bertahun – tahun.
Sebuah catatan pada masa penjajahan bahwa di India masih terdpat orang – orang suci yang dimana pejabat inggris dan para obsirnya mencoba menutup dan mengubur mereka dalam keadaan mati suri didalam peti yang terkunci selama 40 hari. Setelah 40 hari orang – orang suci ini disadarkan kembali dengan cara membasuh muka mereka dengan air hangat. Sebagai bukti bahwa meskipun orang suci ini dalam keadaan mati suri tetap mengetahui berbagai hal yang terjadi, mereka dapat menceritakan dengan segera dan seksama apa yang terjadi di dunia luar, padahal pada saat itu ia sedang mati suri dan dikubur didalam peti selama 40 hari dan tidak kemanapun, termasuk tindakan para obsir – obsir inggris yang dilakukan dirumahnya masing masing. Jadi segala hal yang berkaitan dengan lepasnya roh untuk sementara dari jasadnya adalah peristiwa yang dapat dipercaya. 

Kitab Walisanga
Kitab Walisanga merupakan suatu kitab yang mengungkap ilmu rahasia orang jawa mengenai wujud badaniah, roh, kekuatan terpendam, dan kekuatan kemauan.
            Segala macam praktik ilmu rahasia rupanya hanya diperuntukkan bagi mereka yang mengetahui ilmu rahasia. Terjemahannya atau ulasannya hanya untuk pengetahuan saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More