Indonesia

Indonesia is the beautiful country in the universe

Kamis, 22 Desember 2011

Renungan Hati_Unsur - Unsur Manusia


Unsur – unsur manusia 



       Manusia pada dasarnya memiliki beberapa unsure yang membentuk manusia seutuhnya. Unsure – unsure tersebut antara lain
    
      1.     Unsur albsyar.
Unsur ini membuat manusia memiliki unsur yang sama dengan binatang, nafsu sahwat, kebutuhan utama, kebuasan, iba dan sebagian kasih ada di unsur albasyar yang dimiliki oleh binatang dan tertanam dalam manusia sebagai pertanda ia adalah makluk Tuhan yang tercipta dari unsur dan bahan yang sama dengan binatang. Yaitu dari sari – sari keutamaan bumi.  

      2.    Unsur bani Adam.
Unsur ini membuat manusia berbeda dari makluk lain di muka bumi seperti bidatang dan unsur ini membuat manusia di seluruh dunia memiliki kesamaan derajat. Telah diakui bahwa seluruh umat manusia yang berada dimuka bumi adalah keturunan dari Nabi Adam, dan hal ini menandakan bahwa manusia merupakan ciptaan yang istimewa dan paling sempurna diantara ciptaan – ciptaannya yang lain yang berada dia jagat raya ini. Karena semua kekasihNYA diciptakan berwujud sama dengan bani adam, dan semuanya di perintahkan untuk membawa bani adam yang lainnya menuju jalan kembali ke padanya. 

      3.    Usur sifat .
Unsur ini merupakan unsur pembeda antara bani adam satu – dengan bani adam lainnya. Sifat dapat diturunkan dari generasi ke generasi yang disebut dengan sifat turunan (genetik), baik itu sifat yang tergambar dalam bentuk tubuh maupun sifat yang tercermin melalui tingkah laku. Unsur sifat ini dipengaruhi oleh dua hal, yaitu keturunan dan lingkungan, keduanya saling terkait erat dan saling mempengaruhi seperti sebuah siklus. Jika lingkungan berubah maka gnenetik keturunan pembawa unsur sifat juga akan berubah dan jika unsur sifat ini berubah maka lingkunganpun juga berubah dan demikianlah seterusnya. Sifat ini menggolongkan manusia menjadi berkelompok – kelompok yang sering disebut dengan suku, ras, bangsa, dan lainnya.  Sejatinya perbedaan ini membuat indah permukaan bumi ini, karena ibarat taman yang agung,  tidak akan diakui sebagai taman jika hanya berisi satu jenis tanaman saja(kebun budidaya bunga). Taman yang agung haruslah berisi berbagai macam jenis bunga, semakin banyak semakin menambah keagungan taman. Namun terkadang unsur sifat ini membawa dampak yang buruk. Kerusakan, kehancuran, pertumpahan pengorbanan, dan kejahatan tergelar dimuka bumi karena unsur ini. Karena unsur sifat yang diturunkan dan ditunjukkan adalah unsur sifat yang buruk. Namun sejatinya hal tersebut menunjukkan kuasa ilahi yang tidak dapat dikendalikan secuilpun oleh penerima unsur.

      4.    Unsur intelektual.
Unsur ini yang membedakan antara makluk satu dengan makluk yang lainnya yang disebut sebagai individu manuisa. Unsure ini membuat masing – masing manusia menjadi berbeda. Kemuliaan dan kesejahteraan tergantung dari unsure ini. Unsure ini adalah unsure yang paling murni, semua manusia bani adam memilikinya, semua pemilik unsure sifat memilikinya juga, unsure ini hanya di berikan oleh sang pencipta unsure pada saat sudah makluk yang disebut manusia mampu menerima unsure ini yaitu pada saat semua unsure sebelumnya menyatu pada diri manusa.  Unsure inilah yang mampu membawa pemiliknya menemui kebahagiaan sejati munuju sang Pencipta sejati dan unsure inilah yang dapat menyadari dirinya sendiri bahwa manusialah makluk yang paling sempurna, tidak ada cacat di dalam manusia, semua unsure dialam telah ada didalam jagat kecil bernama manusia. Unsure sifat terkadang masih menutupi unsure intelektual bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna. Tetapi unsure tertinggi manusia tidak dapat memungkiri bahwa manusia adalah makluk yang paling sempurna.  Kesalahan dan kebodohan manusia adalah bukti kesempurnaannya bahwa manusia memiliki keempat unsure tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More